Entri Populer

Sabtu, 08 Januari 2011

Metamorfosis pake flash...

Langkah-langkah membuat animasi metamorphosis kupu-kupu dengan Macromedia Flash :
1. Buat layer dengan nama masing-masing dan urutan : background, kupu, panah1, telur, panah2, ulat, panah3, kepompong, panah4, kupu2, bunga, materi1, dan materi2.
2. Import gambar-gambar yang dibutuhkan ke library.
3. Pada frame 1 layer background, buat halaman menu / pembuka sesuai dengan keinginan.
4. Pada frame 2 layer background insert keyframe dan buat menu standar kompetensi dan kompetensi dasar.
5. Geser frame 1 layer kupu ke frame 2, insert blank keyframe. Pada frame 3 masukkan gambar kupu-kupu dari library dan letakkan di kiri tengah. Insert keyframe pada frame 110.
6. Geser frame 1 layer panah1 ke frame 2, insert blank keyframe. Pada frame 3 masukkan gambar panah letakkan di atas gambar kupu-kupu. Pada frame 3 create motion tween, insert key frame pada frame 15 dan geser panah ke atas tengah. Insert keyframe pada frame 110.
7. Geser frame 1 layer telur ke frame 15, insert blank keyframe. Pada frame 16 masukkan gambar telur dari library dan letakkan di atas tengah. Insert keyframe pada frame 110.
8. Geser frame 1 layer panah2 ke frame 29, insert blank keyframe. Pada frame 30 masukkan gambar panah letakkan di samping gambar telur. Pada frame 30 create motion tween, insert key frame pada frame 44 dan geser panah ke kanan tengah. Insert keyframe pada frame 110.
9. Geser frame 1 layer ulat ke frame 44, insert blank keyframe. Pada frame 45 masukkan gambar ulat dari library dan letakkan di kanan tengah. Insert keyframe pada frame 110.
10. Geser frame 1 layer panah3 ke frame 59, insert blank keyframe. Pada frame 60 masukkan gambar panah letakkan di bawah gambar ulat. Pada frame 60 create motion tween, insert key frame pada frame 74 dan geser panah ke bawah tengah. Insert keyframe pada frame 110.
11. Geser frame 1 layer kepompong ke frame 74, insert blank keyframe. Pada frame 75 masukkan gambar kepompong dari library dan letakkan di bawah tengah. Insert keyframe pada frame 110.
12. Geser frame 1 layer panah4 ke frame 89, insert blank keyframe. Pada frame 90 masukkan gambar panah letakkan di samping kiri gambar kepompong. Pada frame 90 create motion tween, insert key frame pada frame 100 dan geser panah ke kiri tengah. Insert keyframe pada frame 110.
13. Geser frame 1 layer kupu2 ke frame 110, insert blank keyframe. Pada frame 111 masukkan gambar kupu 2 dari library dan letakkan di kiri atas. Pada frame 111 create motion tween, insert keyframe pada frame 150.
14. Add motion guide, geser frame 1 motion guide ke frame 110, insert blank keyframe. Pada frame 111 motion guide gambar lintasan kupu-kupu. Klik frame 150 layer kupu2 dan gerakkan objek sesuai lintasan.
15. Geser frame 1 layer bunga ke frame 110, insert blank keyframe. Pada frame 111 masukkan gambar bunga dari library dan letakkan di kanan bawah. Insert keyframe pada frame 150.
16. Geser frame 1 layer materi1 ke frame 150, insert blank keyframe. Pada frame 151 masukkan materi 1.
17. Geser frame 1 layer materi2 ke frame 151, insert blank keyframe. Pada frame 152 masukkan materi 2.
18. Pada frame 153 layer materi2 insert keyframe dan masukkan gambar metamorphosis.
19. Membuat tombol/ button :
a) Pada layer background masukkan tombol atau dapat membuat tombol sendiri, pada frame 1, action : stop();. Klik tombol yang dibuat, action: on(release){gotoAndPlay(“kupu”);}.
b) Pada layer bunga masukkan tombol atau dapat membuat tombol sendiri, pada frame 150, action : stop();. Klik tombol yang dibuat, action: on(release){gotoAndPlay(“materi1”);}.
c) Pada layer materi1 masukkan tombol atau dapat membuat tombol sendiri, pada frame 151, action : stop();. Klik tombol yang dibuat, action: on(release){gotoAndPlay(“materi2”);}.
d) Pada layer materi2 masukkan tombol atau dapat membuat tombol sendiri, pada frame 152, action : stop();. Klik tombol yang dibuat, action: on(release){gotoAndPlay(“frame153”);}.
e) Pada animasi metamorphosis layer materi2, klik kanan salah satu gambar convert to symbol, button. Klik 2 kali gambar, pada frame up insert keyframe dan buat keterangan gambar demikian juga pada gambar yang lain.
f) Pada layer materi2 masukkan tombol atau dapat membuat tombol sendiri, pada frame 153, action : stop();. Klik tombol yang dibuat, action: on(release){gotoAndPlay(“background”);}.
20. Test movie, apabila sudah benar simpan animasi.

-Thank you-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar